• Daftar Isi

  • Kategori

  • Ormas Nasional Demokrat

Kebijakan Rakyat

Di saat kelangsungan hidup masyarakat Indonesia, masalah-masalah di kehidupan sosial muncul dari berbagai bidang terkait jalan kehidupan masyarakat Indonesia maka diperlukanlah suatu solusi atas masalah yang timbul. Maka dari itu perlu dibuatlah kebijakan-kebijakan yang dapat menghasilkan suatu perubahan dari usaha-usaha mekanisme kebijakan untuk hasil yang ingin dicapai. pemerintah membuat dan mengeluarkan kebijakan yang bersifat kompleks dan mampu membuat suatu perubahan positif pada kehidupan masyarakat. Akan hal tersebut, kebijakan disusun atas dasar point-point kebijakan sesuai dengan letak urgensinya. Dimaksudkan kebijakan publik adalah intervensi pemerintah yang implikasinya selalu mempunyai tujuan tertentu yang berisi tindakan-tindakan pemerintah didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang bersifat mengikat dan memaksa. Dimakalah ini saya menuliskan suatu rancangan yang kompleks hal strategi kebijakan, bahwasanya kebijakan disusun atas point-point sesuai letak urgensinya sehingga mengikat pada peraturan perundang-undangan. Kebijakan dilakukan atas 3 tahapan antara lain; Regulasi, Alternatif dan Emergency(darurat)

Regulasi yang saya tekankan ialah setiap kebijakan yang dibuat dan dikeluarkan mesti diimplementasikan dengan tindakan-tindakan yang substansial sesuai kebijakan yang dikeluarkan sehingga mengikat pada peraturan dan tidak menyamping dari keputusan yang dibuat.
Alternatif dicanangkan atas solusi dari kebijakan regulasi. Jadi bilamana kebijakan regulasi dianggap gagal atau kurang berdampak positif. kita memiliki solusi kegagalan dari kebijakan regulasi yang sebelumnya dijalankan dengan mekanisme yang diproyeksikan. Sehingga, alternatif ini masih bersifat normatif dan merupakan hasil untuk melakukan perbaikan dari kelemahan-kelemahan kebijakan regulasi.
Bilamana kebijakan regulasi dianggap gagal dan kebijakan alternative tidak berhasil dan kedua kebijakan tersebut tidak mencapai goal yang diinginkan sehingga dirancangkan kebijakan Emergency atau darurat. kebijakan dalam tahap terakhir ini guna menghasilkan keputusan dan langkah selanjutnya dari evaluasi kebijakan regulasi dan alternative. Serta, memperbaiki proses dan mekanisme kerja dari sistem kebijakan yang dijalankan pada kebijakan regulasi dan alternatif.

Di Indonesia berbagai isu kebijakan publik merupakan konsep dan realita dalam konteks politik Indonesia. Di praktek politik sehari-haripun ternyata tidak semua isu yang pernah santer atau sedang berkembang di tengah masyarakat kita kemudian secara otomatis menjadi kebijakan publik. pada sisi lain ada sejumlah isu tertentu meskipun amat mendasar bahkan tidak mampu melewati “rambu-rambu birokrasi” dan saluran-saluran politik pembuat kebijakan dan hanya bergulir secara terbatas pada infrastruktur politik. Dan saat ini bisa dibilang sidang-sidang kabinet para elite politik dianggap tidak berhasil mencapai goal kebijakan yang dituju. mereka selalu menganggap kendala yang menyebabkan tidak terimplementasinya goal seharusnya mereka memperhatikan dahulu proses dan mekanisme kebijakan yang mereka kawal sehingga mereka tahu betul letak kegagalan dalam mencapai apa yang diinginkan pemerintah berdampak positif pada masyarakat.

Tinggalkan komentar

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: