• Daftar Isi

  • Kategori

  • Ormas Nasional Demokrat

Membangun Karakter dan Kecerdasan Bangsa

Perkembangan jangka panjang secara terarah ditujukan untuk meningkatkan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia agar makin maju, mandiri dan sejahtera, serta cinta tanah air yang dilandasi kesadaran kebangsaan, semangat pengadilan, tekad untuk membangun masa depan bangsa yang lebih baik, berkembang menjadi sikap mental dan sikap hidup masyarakat yang mampu mendorong percepatan proses pembangunan di segala aspek kehidupan bangsa.

Melalui upaya pembangunan, potensi sumber daya manusia harus mampu menjadi kekuatan ekonomi, sosial budaya, politik dan pertahanan keamanan yang nyata, didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas memiliki kemampuan memanfaatkan, mengembangkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan manajemen. Sumber daya manusia, termasuk generasi muda, sebagai aspirasi, peranan dan kepentingannya kedalam gerak pembangunan bangsa melalui peran serta secara aktif dalam seluruh kegiatan pembangunan.

Dalam kaitan inilah kita melihat perlunya pembangunan pendidikan yang diarahkan untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia serta kualitas sumber daya manusia Indonesia dan memperluas serta meningkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan termasuk di daerah dan pelosok-pelosok terpencil. Oleh sebab itu perlu dimanfaatkan pengembangan dan penguasaanya secara profesional yang dapat mempercepat peningkatan kecerdasan dan kemampuan bangsa. Dalam upaya mempercepat proses pembangunan, hendaknya kita senantiasa harus meningkatkan produktivitas dan efisiensi, memperluas lapangan kerja, meningkatkan kualitas , harkat dan martabat bangsa yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Untuk itu perlu upaya-upaya reaktualisasi, rekontruksi dan revitalisasi terhadap puncak-puncak budaya daerah yang menjadi unsur kekuatan budaya nasional kita. Dengan menciptakan kondisi tersebut, maka kita akan mampu memilah dan memilih kemudian menerima nilai-nilai positif dari luar dengan tidak menghilangkan budaya sendiri.

Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

2 Komentar

  1. kukuh budiharso

     /  4 Juli 2011

    bagus artikelnya……………..
    salam kenal http://budiharso.wordpress.com

    Balas

Kritik dan Saran

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: